Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Monday 3 March 2014

Tips Membaca Spesifikasi Lensa DSLR

Tips Membaca Spesifikasi Lensa DSLR.Dalam postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tips seputar hobi baru saya yaitu tentang kamera DSLR,yaitu mengenai bagaimana membaca spesifikasi dari lensa sebuah kamera DSLR.Yuk mari kita mulai saja.

tips,baca,lensa,kamera,dslrPertama panjang fokus atau focal length,adalah jarak yang diukur antara lensa dengan titik jauh bayangan atau sensor.Biasanya ditunjukkan oleh angka dalam satuan milimeter (mm).Makin kecil angka panjang fokus ,berarti lensa memiliki sudut pandang yang lebar atau wide.Begitupun sebaliknya,lensa dengan panjang fokus yang besar berarti memiliki sudut pandang yang sempit atau tele.

Ada 2 tipe lensa yang beredar di pasaran yaitu lensa dengan panjang fokus tetap (prime lens) dan lensa yang memiliki rentang panjang fokus (zoom lens).Jika anda membaca “50mm” pada lensa,berarti itu adalah lensa dengan panjang fokus tetap.Sedangkan spesifikasi seperti “18-55mm” berarti itu lensa zoom.
Dari rentang fokus ini juga bisa diketahui berapa kali pembesaran(zoom) yang bisa dibuat lensa,yaitu dengan cara membagi fokus terpanjang dengan fokus terendah.seperti contoh :18-55mm memiliki pembesaran 3X (55 / 18 =3,05).

Bukaan lensa (aparture),dalam setiap lensa DSLR terdapat semacam “jendela” yang berfungsi mengatur banyak cahaya yang masuk atau biasa dikenal dengan aparture atau diafragma dan diinformasikan dengan simbol F (f-stop).Makin kecil nilai F ,maka makin besar bukaan aparture,dan berarti makin banyak juga cahaya yang masuk.Sebaliknya ,semakin besar F ,maka semakin kecil jendela rana terbuka.Pada spesifikasi lensa sering ditulis “14-42mm 1:3,5-5,6” ,ini berarti lensa memiliki bukaan terbesar F3,5 pada panjang fokus 14mm, dan bukaan terbesar F5,6 pada panjang fokus 42mm.

Dari ulasan artikel diatas mungkin agak membingungkan bagi sebagian orang,namun perlu diperhatikan,kalau kita ingin terjun atau mulai aktifitas maupun hobi baru dalam dunia fotografi,setidaknya anda bisa sedikit mengerti tentang spesifikasi lensa dari sebuah kamera yang akan anda gunakan nantinya.

Nah sekian dulu tulisan artikel saya kali ini,dan mungkin bagi anda yang ingin lebih tahu agak dalam bisa baca Tips memilih lensa DSLR .semoga tulisan diatas dapat bermanfaat bagi anda,terutama yang ingin mulai menekuni hobi dalam dunia fotografi ini. 

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates