Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday 11 May 2014

Sejarah Android

sejarah,sistem,operasi,androidSejarah Android.Salam Blogger…!salam bagi sobat semua,kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel yang merupakan sejarah awal dari  sebuah sistem operasi yang saat ini begitu pesat perkembangannya,yaitu Android.Android merupakan salah satu sistem operasi pada perangkat seluler yang saat ini sedang sangat meroket kepopularitasannya.dan bahkan mampu membuat beberapa sistem operasi yang telah ada sebelumnya benar-benar kewalahan dan bahkan tidak sedikit dari nama-nama branded perangkat seluler yang teguh pada sistem operasinya yang mulai tereliminasi dengan hadirnya sistem operasi android ini.
Android sendiri ini sebenarnya adalah merupakan sebuah sistem operasi dari telepon seluler yang menggunakan sistem basis linux.dimana android telah menyediakan platform yang terbuka bagi mereka para pengembang guna menciptakan berbagai aplikasi mereka sendiri yang akan bisa digunakan oleh bermacam-macam piranti mobile.
Pada awalnya Google Inc. membeli Android Inc. yaitu yang merupakan pendatang baru yang bergerak dalam hal pembuatan piranti lunak untuk sebuah ponsel atau telepon genggam.Dan kedepannya dalam hal untuk pengembangan android ini ,maka dibentuklah Open Handset Alliance ,yang merupakan sebuah konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras ,piranti lunak ,dan juga telekomunikasi ,yang termasuk juga didalamnya adalah Google,Intel,Motorolla,HTC,Nvidia dan Qualcomm.
Pada saat perilisan Android perdananya yaitu 5 November 2007,Android beserta Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler.Dan dilain pihak, Google merilis kode-kode android dibawah lisensi Apache,yaitu sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. 
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor system operasi  android ini.Yang pertama yaitu yang mendapatkan dukungan penuh dari Google atau disebut Google Mail Services (GMS) dan yang kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya atau tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution(OHD).
Sekitar pada tahun 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler  yang akhirnya Google memperkenalkan NexusOne ,yaitu yang merupakan salah satu jenis telepon seluler yang merupakan smartphone yang menggunakan Android pada sistem operasinya ,dan smartphone ini sendiri diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran sekitar Januari 2010.
Seiring dengan pembentukan Open Handset Alliance atau disebut OHA ini,mengumumkan produk perdana mereka,yakni Android perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel linux 2.6.Dan sejak Android dirilis telah banyak dilakukan berbagai macam pembaruan yang berupa perbaikan bug dan juga penambahan fitur-fitur baru.
Telepon seluler pertama yang memakai sistem operasi Android ini adalah HTC Dream,yang dirilis pada 22 Oktober 2008.Yang pada saat itu telah diperkirakan yakni pada penghujung dari tahun 2009 akan terdapat paling sedikitnya 18 jenis telepon seluler yang telah menggunakan sistem android ini di dunia.
Nah sobat Blogger demikianlah sedikit yang bisa saya ceritakan sedikit tentang sejarah dari yang namanya sistem operasi Android ini.Yang pada kenyataanya sistem operasi Android yang ada saat ini memang telah berhasil menguasai pasar dari sebuah perangkat seluler dari semua sistem operasi yang telah ada pada  telepon seluler.Dan tidak lupa juga di akhir tulisan kali ini saya ucapkan terima kasih dan…Salam Blogger!

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates