Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Monday 3 March 2014

Hal Yang Perlu Diketahui Dari Kamera DSLR



dslr cameraHal Yang Perlu Diketahui Dari Kamera DSLR.Digital Single Lense Reflex camera atau yang sering disebut dengan kamera DSLR saat ini sudah semakin banyak,hal ini dikarenakan karena harga jual yang sudah mulai bersahabat.dan mungkin karena sudah booming beberapa waktu lalu sehingga penggunaan kamera ini sangat banyak terutama terlihat pada kalangan remaja saat ini.Namun dalam ulasan kali ini saya akan menuliskan beberapa hal yang perlu diketahui  bagi pengguna maupun calon pengguna kamera DSLR ini.

Field of View (FOV)
FOV sering ditemukan di kamera saku,semi profesional maupun DSLR.Biasanya ditandai leh kata “Equiv” pada spesifikasi kamera.FOV sendiri merupakan pembesaran gambar yang terjadi akibat terpotongnya area jatuh bayangan pada sensor digital.Ini karena semua ukuran panjang fokus lensa diukur berdasarkan standar kamera film (analog) 35mm.Sementara sensor kamera digital memiliki ukuran yang lebih kecil,sehingga ada faktor perkalian yang harus dihitung dari ukuran lensa sebenarnya.Faktor pengalian pun beragam,tergantung ukuran sensor yang dimiliki kamera digital.
Contoh , kamera DSLR Nikon D80 memiliki sensor berukuran 23,6x15,8 mm dengan faktor pengali 1,5 .Jika dipasang lensa film dengan panjang fokus 50mm maka nilai kesetaraan gambar dengan kamera film(equiv) adalah 75mm (1,5x50).FOV tidak berlaku pada kamera digital yang memiliki ukuran sensor 35x28 mm atau disebut sensor full frame. Sensor yang lebih kecil memiliki faktor pengali yang semakin besar.

Sensor
Ada 2 jenis sensor yang umum dipakai pada kamera DSLR, yaitu Charge Coupled Device (CCD) dan Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS). Pada CCD setiap respon dari sinyal elektrik yang diterima piksel ditransmisikan lewat jalur yang jumlahnya terbatas. Sinyal ini kemudian diubah menjadi tegangan dan dikirim ke chip pengolah gambar dalam data analog. Sementara pada CMOS setiap piksel memiliki pengubah sinyal elektrik ke tegangan secara terpisah. Sensor CMOS juga memiliki penguat sinyal dan pengoreksi noise sendiri sehingga bisa bekerja lebih cepat dengan konsumsi daya yang rendah.

Anti Debu
Kebanyakan dari kamera DSLR yang saat ini sudah menerapkan teknologi  atau memiliki fitur anti debu ,fitur  yang pada dasarnya adalah guna menghalau debu yang akan menempel  ke sensor  sekaligus melakukan pembersihan secara otomatis.

Buffer
Buffer ini merupakan salah satu fitur penting pada kamera DSLR. Fungsinya adalah sebagai penampung sementara sebelum gambar  direkamkan ke kartu memori.Pada kamera profesional buffer wajib dipakai untuk mencapai kecepatan maksimum saat mengambil gambar dalam mode continuous.Jika ruang penyimpanan buffer kecil banyak gambar yang bisa diambil kamera  akan makin sedikit,begitupun sebaliknya.

Nah hal-hal diatas adalah beberapa hal maupun fitur yang perlu anda ketahui mengenai kamera DSLR ini.Dan untuk bagaimana anda membaca lensa dari kamera DSLR ini anda bisa membaca Tips membaca spesifikasi lensa DSLR.Dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat atau menjadi referensi bagi anda yang menginginkan sebuah kamera baru.

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates